Mengatasi Login Page Hotspot Mikrotik Tidak Otomatis Muncul

SAMEKNET    Bagi teman-teman yang menggunakan Mikrotik sebagai server hotspot, biasanya Login page hotspot akan otomatis muncul ketika pertama kali hp kita dihubungkan ke Access Point/Wifi, bagaimana kalau login page hotspot tidak otomatis muncul ?

Gambar : Contoh Login Page Hotspot

Apabila login page tidak otomatis muncul ketika pertama kali terhubung ke Access Pint/Wifi, teman-teman bisa mengetikkan IP Server Hotspot atau DNS Name dari server hotspot di Browser, dengan begitu login page hotspot baru akan muncul. Memang hal ini cukup merepotkan apabila bisnis hotspot yang dikelola merupakan hotspot voucheran. Terkadang ada beberapa tipe smartphone/hp  yang sering mengalami masalah ketika mengakses login page, padahal login page sudah di ketik manual di browser, hal ini memang sering bisa saja terjadi.

Ada beberapa cara yang bisa teman-teman bisa coba untuk mengatasi login page hotspot yang tidak otomatis muncul, saya akan berbagi pengalaman cara mengatasinya pada tutorial kali ini.

1. Konfigurasi DNS Server
Dalam membuat server hotspot, baca artikelnya disini, teman-teman terlebih dahulu harus membuat sebuah DHCP Server agar ketika ada device/smartphone yang terhubung ke Access Point bisa mendapatkan IP secara otomatis dari DHCP Server, bagi saya yang masih pemula terkadang ada saja konfigurasi yang terlewat salah satunya DNS Server pada menu DHCP tidak di isi.
Bagi teman-teman yang membuat DHCP Server baru melalui DHCP Setup memang kolom DHCP Server akan kosong jadi harus dtambahkan secara manual.

Untuk menambahkan DHCP Server, buka menu IP –> DHCP Server –> pindah ke tab Networks, pilih IP Server hotspot, kemudian isi DNS Server, untuk DNS server biasanya menggunakan IP Gateway, bisa lihat pada gambar dibawah ini:


2. Urutan NAT Hotspot
Salah-satu fungsi NAT pada mikrotik berfungsi untuk meredirect, login page hotspot sama sekali tidak muncul walaupun sudah diketikan IP Server hotspot atau DNS Server di browser, bisa terjadi karena urutan default untuk Hotspot berubah, bisa karena kesalahan seting atau penambahan rule baru di Firewall NAT.
Untuk mengatasi berubahnya urutan NAT untuk hotspot teman-teman bisa membuat ulang server hotspot, dengan begitu urutan di Firewall NAT akan berbuah menjadi menjadi default.

Caranya,buka menu IP –> Hotspot –> di tab server pilih server hotspot kemudian klik kanan lalu remove. Setelah server hotspot di hapus tambahkan server hotspot baru dengan konfigurasi sama seperti sebelumnya, dengan begitu NAT untuk hotspot kembali ke default.

3. Koneksi Internet Tidak ada
Login page tidak muncul bisa juga karena koneksi internet tidak ada, silahkan cek terlebih dahulu apakah Mikrotik teman-teman memiliki koneksi internet atau tidak.

4. Bug pada RouterOS
Pihak Mikrotik secara berkala melakukan pembaharuan dan penambahan fiture, demi memperbaiki bug/error dan meningkatkan keamanan pada RouterOS. Ada beberapa versi RouterOS dimana login page tidak otomatis muncul itu karena Bug pada RouterOS, bukan karena kesalahan setingan/konfigurasi, untuk mengatasi hal tersebut teman-teman harus mendowngrade ke versi sebelumhya, atau mengUpgrade ke versi terbaru.

Berikut versi RouterOS yang terdapat Bug pada Hotspot:
    Versi 6.45.6
    Versi 6.46.2

Teman teman bisa menggunakan RouterOS versi 6.44.6 long term, yang saya pakai tidak ada kendala pada login page gotspot yang tidak muncul otomatis.

Sekian SAMEKNET berbagi pengalaman kali ini, terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa bagikan kepada teman kamu yang membutuhkannya, dan semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Login Page Hotspot Mikrotik Tidak Otomatis Muncul"

Post a Comment