Membuat Mangle Ping Game mulus di Mikrotik

Sameknet    Bagaimana membuat protokol ICMP atau yang biasa di sebut dengan PING, dapat berjalan dengan mulus di Mikrotik ?. Artikel atau pembahasan saya kali ini hanya membahas, bagaimana membuat PING bisa berjalan mulus di jaringan Mikrotik kita. Pembahasan atau tutorial tentang mangle game tidak akan di bahas disini, selebihnya tutorial bagaimana cara mangle game mikrotik bisa teman-teman lihat pada link artikel selanjutnya.

Ping Game Online

PING atau ICMP
Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh dunia jaringan untuk mengirim pesan kesalahan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.

Ping atau icmp itu sendiri dalam dunia jaringan sangat penting perannya terutama untuk koneksi sebuah game, ping berbeda tujuan dengan TCP dan UDP, dan ping itu juga sangat erat kaitannya dengan network latency. Semakin rendah nilai latency suatu jaringan maka semakin bagus pula kualitas jaringan tersebut.

Berlangganan bandwidth besar tidak akan menjamin kualitas jaringan kita bisa terhindar dari yang namanya latency yang tinggi. karena ping yang tinggi saat mereka bermain game, ataupun aktifitas internet lainnya yang membutuhkan latency ping yang rendah.

Contoh : Ping ke DNS Google dan 1.1.1.1

Untuk bisa mengasilkan ping yang seminimal mungkin, kita juga harus memahami bagaimana flow atau alur paket data di RouterOS Mikrotik. Tentunya kita harus sering melakukan trial error di firewall Mikrotik, agar nantinya kita akan memahami bagaimana flow/alur paket data di Mikrotik.

Saya tidak akan memperhatikan dari interface mana dan berapa data yang akan keluar masuk, berpatokan dari point pertama kita bisa menggunakan chain prerouting dan postrouting di firewall mikrotik.

Mikrotik Ping Script
/ip firewall mangle
add chain=prerouting protocol=icmp action=mark-connection new-connection-mark=ping
add chain=prerouting connection-mark=ping action=mark-packet new-packet-mark=ping passthrough=no
add chain=postrouting protocol=icmp action=mark-connection new-connection-mark=ping
add chain=postrouting connection-mark=ping action=mark-packet new-packet-mark=ping passthrough=no 
4 buah rule firewall diatas bisa langsung di copy paste di terminal mikrotik, yang nantinya akan kita gunakan untuk keperluan management bandwidth.

Penjelasan
chain prerouting di tujukan untuk paket yang akan di proses sebelum memasuki router Mikrotik, perlu di ingat biasakan membuat connection mark terlebih dahulu yang kemudian di ikuti dengan mark packet. Sebenarnya hanya mengandalkan mark packet, kita tetap bisa memproses paket untuk keperluan bandwidth management nantinya, tapi hal ini akan memberatkan kinerja router Mikrotik.

Rule nomor kedua untuk packet mark nya saya berikan dengan nama new mark packetnya adalah ping, cara penamaan seperti ini saya buat agar memudahkan saya sebagai pemula untuk memahaminya.

Rule nomor ketiga dan keempat, sama persis dengan fungsi dua rule di atasnya. Hanya saja untuk rule ketiga dan keempat, chainnya sudah memakai chain postrouting karena dua rule terakhir ini di gunakan untuk memproses data yang akan keluar dari router. Pastikan bahwa 4 rule yang sudah kita buat tadi ditempatkan dipaling atas tabel mangle Mikrotik. Selanjutnya kita akan memulai dengan proses pembuatan bandwidth management nya

Simple Queue Script
Kita bisa memilih apakah memakai simple queue atau queue tree. Tetapi di sini kita akan mulai dengan simple queue.
/queue simple
add name=PING packet-marks=ping priority=1/1 limit-at=64k/64k max-limit=1M/1M parent=none dst=0.0.0.0/0
Queue Tree Script
/queue tree
add parent=global name=”GLOBAL QUEUE TREE” max-limit=10M
add name=PING packet-mark=ping parent=”GLOBAL QUEUE TREE” limit-at=64k max-limit=2M bucket-size=4 priority=1
Silahkan teman-teman coba memainkan game, dan perhatikan latency ping nya. Coba disable dan enable queue yang sudah di buat dan perhatikan perbedaan sebelum dan sesudahnya.

Sekian saya berbagi pengalaman kali ini, terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa bagikan kepada teman kamu yang membutuhkannya, dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Mangle Ping Game mulus di Mikrotik"

Post a Comment