Mempercepat Loading Website Menggunakan Content Delivery Network (CDN)

Salah satu cara mempercepat loading website adalah dengan menggunakan Content Delivery Network. Fungsinya, memastikan pengiriman konten statis (gambar, CSS, JavaScript, video, dan lain-lain) dari lokasi server terdekat ke pengguna yang mengakses website kita. Hal tersebut akan meningkatkan kecepatan respon website ketika diakses.
Content Delivery Network (CDN)Content Delivery Network sebenarnya ditujukan bagi sebuah website berskala besar dengan banyak konten. Meskipun demikian, sebenarnya semua website juga dapat menggunakan CDN untuk meningkatkan performa. CloudFlare menawarkan layanan CDN secara gratis. Hal ini menarik, mengingat sebagian besar layanan CDN lain menawarkan paket berbayar. Fitur yang disediakan layanan ini meliputi DDoS Protection, SSL Certificate, hingga Web Application Firewall.

Apa Itu Content Delivery Network?
Content Delivery Network dapat digambarkan sebagai kumpulan dari server global yang terletak di beberapa data center dan tersebar di berbagai negara. Jaringan ini berfungsi untuk mengirimkan konten dari server ke suatu website.

Yang dilakukan oleh CDN adalah meningkatkan kecepatan pengiriman data melalui jaringan server kepada visitor dari lokasi terdekat yang paling memungkinkan. Mungkin Anda berpikir jika Anda menggunakan hosting yang powerful, seperti VPS atau dedicated server, menggunakan CDN tidak memiliki efek yang cukup berarti.

Padahal, tidak peduli seberapa besar resource server yang Anda miliki, lokasi dari sebuah server adalah salah satu faktor krusial untuk meningkatkan kecepatan sebuah website. Contohnya lokasi visitor website kita berada di India, sedangkan server dari website kita berada di US. Karena jarak antara lokasi visitor dan server, pengiriman konten memerlukan proses waktu yang lama. Tapi, dengan adanya server CDN berada di beberapa tempat (misalnya India, US, dan Singapura) proses pengiriman konten dapat lebih cepat.
Jika visitor website kita berasal dari India, CDN akan mengirimkan file dari lokasi terdekat yang paling memungkinkan. Dalam kasus ini, file bisa jadi dikirimkan dari server yang juga terletak India.

Manfaat Penggunaan Content Delivery Network
Berikut adalah manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN) pada sebuah website.
  • Content Delivery Network adalah solusi tepat untuk website yang memiliki banyak visitor.
  • CDN memastikan sebuah website dapat diakses secara global.
  • Dengan meminimalisir permintaan ke server hosting, CDN cukup efektif mengurangi penggunaan resource (misalnya disk space dan bandwidth).
  • Meningkatkan kecepatan loading, terutama jika lokasi visitor dekat dengan server CDN.
  • Peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Hal ini disebabkan adanya peningkatan kecepatan karena penggunaan CDN.
  • CDN mendukung semua tipe website dan hosting.
Apa Saja yang Kita Butuhkan?
Pastikan bahwa kita memiliki akses ke pengaturan DNS domain yang kita miliki.
Konfigurasi Content Delivery Network
Pilihan -1 Menggunakan CDN CloudFlare Gratis
Untuk menggunakan CDN CloudFlare, Kita memerlukan akses ke domain panel website yang kita miliki. Petunjuk konfigurasi CloudFlare sendiri bisa Anda lihat pada tautan ini. Cara Seting CDN Cloudfare. Setelah segala konfigurasi CloudFlare selesai, silakan tunggu beberapa jam untuk mendapatkan perubahan secara penuh. Selanjutnya, domain Anda sepenuhnya akan menggunakan CDN dari CloudFlare.

Pilihan-2 – Menggunakan CDN berbayar
Jika kita akan berencana menggunakan layanan CDN berbayar, berikut adalah beberapa layanan yang saya rekomendasikan.
  • MaxCDN and Photon adalah pilihan tepat jika website Anda menggunakan CMS (WordPress, Joomla, Drupal) dengan gambar cukup banyak.
  • RackSpace dan CDN77 adalah layanan CDN berbayar yang cukup efisien untuk website berkonten video dan streaming.
  • jsDeliver adalah penyedia CDN untuk website yang memiliki banyak JavaScript.
Membuat Akun CloudFlare
Daftar Akun Cloudfare
Silakan buka website CloudFlare Klik Disini dan klik tombol Sign Up untuk membuat akun di CloudFlare. Silakan isi semua yang diperlukan dan klik create account.
Loading yang lebih cepat dan tersedianya fitur yang lebih baik adalah hal yang ditawarkan oleh CloudFlare supaya website kita lebih mudah diakses oleh pengunjung. Selain itu, mengaktifkan CDN tidak memerlukan kemampuan coding, sehingga ini adalah solusi tepat bagi pengguna website pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Selamat Mencoba ...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mempercepat Loading Website Menggunakan Content Delivery Network (CDN)"

Post a Comment