Bagaimana Mengakses Mikrotik pertama kali ?

1. Persiapan
Agar kita mudah memahami praktek mikrotik selanjutnya, maka ada beberapa perangkat yang harus kita persiapkan terlebih dahulu yaitu :
  1. Mikrotik Router, bisa menggunakan RB450, RB750 atau PC Router (wajib). Karena yang kita pelajari adalah Mikrotik, maka anda wajib menyediakan perangkatnya agar bisa lebih mudah dipahami dan dipraktekan.
  2. PC / Laptop (Wajib). Untuk akses winbox dan test konfigurasi. Direkomendasikan 2 PC.
  3. Kabel UTP. Untuk menghubungkan antar perangkat.
  4. Koneksi Internet (Wajib). Dalam tutorial selanjutnya kita akan langsung mempraktekan hasil konfigurasi mikrotik sehingga anda wajib mempunyai koneksi internet minimal koneksi ADSL.
Istilah-istilah yang perlu dipahami :  
  • Winbox : adalah sebuah utility untuk melakukan remote GUI ke Router Mikrotik
  • Ether : artinya ethernet atau port LAN pada mikrotik, selanjutnya akan disebut ether. 

  • MAC-address : Media Access Control-Address adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address. Anda bisa mengetikan ipconfig /all pada command prompt windows untuk mengetahui MAC-address ethernet komputer anda.
2. Akses Mikrotik
Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengakses mikrotik diantaranya :
a. Winbox
b. Telnet
c. SSH
d. Browser
e. FTP
f. Serial console

Pada tutorial ini, akses kedalam mikrotik akan menggunakan Winbox agar mudah dipahami dan di praktekan. Dengan menggunakan winbox, tanpa harus setting IP terlebih dahulu kita sudah bisa meremote mikrotik karena winbox menggunakan MAC-address. Winbox menggunakan akses layer 2 untuk terhubung ke mikrotik oleh karena itu Mikrotik harus terhubung secara langsung dengan laptop.

Pastikan anda sudah mendownload winbox untuk memulai akses ke mikrotik, jika belum, anda bisa mendownloadnya pada link berikut http://www.mikrotik.co.id/getfile.php?nf=winbox-2.2.13.exe. Winbox juga sudah tersedia pada paket tutorial ini pada folder /tools.

Cara Remote Menggunakan Winbox, Akses mikrotik melalui winbox bisa dengan dua cara :
  • Meremote melalui MAC-address.
  • Memanggil IP ethernet mikrotik
Meremote Mikrotik melalui MAC-address pertama kali
  • Hidupkan mikrotik
  • Colokan ujung kabel UTP ke ether1 mikrotik dan ujung yang satunya lagi colokan ke komputer.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses acquiring network selesai.
  • Jika setelah proses acquiring kemudian tampil popup notifikasi bahwa koneksi limited or no conectivity maka kita sudah bisa melakukan scan MAC menggunakan winbox.
  • Jalankan Winbox dengan cara double klik, kemudian klik tombol yang ada di sebelah tombol connect untuk melakukan scanning MAC-address.
Karena dalam tutorial ini saya hanya mengkoneksikan satu buah mikrotik, maka hanya muncul satu MAC address, selanjutnya klik MAC-address yang muncul tersebut, kemudian klik connect.

(INGAT : yang harus di klik adalah MAC-address nya jangan IP addressnya karena kita belum mensetting IP dikomputer kita, kita hanya melakukan koneksi melalui Layer 2, sedangkan IP ada di layer 3).
Ketika masuk kedalam router pertama kali maka akan keluar kotak dialog RouterOS Default Configuration, klik saja Remove Configuration karena kita akan melakukan setting router sesuai dengan kebutuhan kita.

Sampai disini anda sudah berhasil masuk ke dalam winbox melalui MAC-address, selanjutnya anda bisa melakukan konfigurasi dengan mudah karena kita hanya tinggal klik dan tampilan yang mudah dimengerti.

Setting Mikrotik Sebagai Router
Pastikan komputer anda sudah terkoneksi dengan RB450 di ether2, sedangkan ether1 silahkan hubungkan dengan modem ADSL anda.

Karena pada contoh kali ini kita menggunakan koneksi ADSL speedy, dimana biasanya modem speedy secara default sudah di setting sebagai DHCP server, maka di mikrotik kita cukup menjadikannya DHCP Client .
Klik menu IP -> DHCP Client kemudian klik tanda plus merah, pada jendela selanjutnya pada kolom interfaces pilih ether1 kemudian klik OK

Selanjutnya buka New Terminal kemudian ping ke gateway yaitu IP modem jika reply berarti koneksi ke modm sudah terbentuk tinggal selanjutnya coba ping ke internet, jika reply berarti koneksi internet dari dalam mikrotik ke internet sudah berjalan.
C:\>ping 192.168.0.254
C:\>ping detik.com

Sebelumnya kita sudah bisa melakukan ping dari dalam Mikrotik ke internet, nah sekarang saat nya kita setting agar Lokal Area Network (LAN) juga bisa internet.
Langkah-langkahnya :
Buat IP baru 192.168.100.1/24 pada ether 2 karena ether 1 sudah kita gunakan gunakan untuk koneksi WAN ke Modem speedy.


Selanjutnya silahkan masukan IP 192.168.100.2 di komputer anda.
Klik start -> Setting -> Control Panel
Double klik Icon Network Conncetion

Selanjutnya coba lakukan ping dari dalam winbox ke Ip komputer anda
Buka winbox kemdian klik menu New Terminal, keting ping 192.168.100.2 pada New Terminal

Selamat Mencoba Ya ....


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Mengakses Mikrotik pertama kali ?"

Post a Comment